Knalpot Motor Keluar Asap Putih Di Pagi Hari, Apa Penyebabnya ?

Advertisement
Kawan kawan yang sedang membaca artikel ini pasti sedang dibingungkan dengan kondisi motor yang selalu mengeluarkan asap berwarna putih tiap kali dihidupkan dipagi hari.

Anehnya, asap tersebut kadang hilang ketika motor digunakan.

Lalu apa penyebabnya ?

Diartikel ini akan kita bahas secara detail komponen yang mengalami kerusakan apabila terdeteksi asap putih keluar saat dipagi hari.

Penyebab Motor Berasap Putih Di Pagi Hari


Asap putih yang keluar dari knalpot motor itu mengindikasikan ada oli yang ikut terbakat didalam ruang bakar. Kalau motor dua tak, itu wajar mengeluarkan asap putih karena ada oli samping yang fungsinya melumasi piston dan engkol yang ruangnya itu terhubung dengan ruang bakar.

Tapi pada motor 4 tak, kalau ada asap berwarna putih keluar dari knalpot itu mengindikasikan ada oli yang rembes kedalam ruang bakar.

Biasanya kita menebak rembesan oli ini berasal dari ring seher yang aus, atau packing kepala silinder yang mulai rusak.

Tapi kalau itu asap putih akan terus dihasilkan selama mesin motor hidup, tapi gimana kalau asap putihnya itu hanya keluar saat motor dihidupkan dipagi hari ?

Usut punya usut, ternyata asap putih tersebut disebabkan karena ada oli yang tergenang di saluran manifold setelah motor didiamkan dalam waktu yang lama.

Penyebabnya Cuma satu, yakni kerusakan seal klep.


Seal klep adalah karet yang menahan agar oli dari dalam kepala silinder tidak merembes ke intake/exhaust melalui batang klep. Ketika seal klep mengalami kerusakan, entah getas sehingga kondisinya pecah maka oli dari dalam kepala silinder sedikit demi sedikit akan menetes kedalam manifold.

Dalam kondisi mesin hidup, rembesan ini tidak akan terlihat karena setiap tetes oli akan langsung masuk ke ruang bakar. Dan dalam kadar yang sangat sedikit tersebut, asap putih juga tidak akan terlihat.

Tapi dalam kondisi mesin mati, tetesan yang sedikit tersebut lama-lama akan menjadi banyak. Apalagi kalau mesin dimatikan dalam waktu semalaman karena oli yang menetes tersebut tertampung didalam manifold.

Sehingga ketika mesin dihidupkan untuk pertama kali dipagi harinya, oli yang tertampung didalam manifold tersebut akan terbakar. Dan hasilnya asap berwarna putih keluar dari knalpot.

Untuk mengeceknya, anda harus membuka dua maniflold yakni intake dan bagian knalpot. Apabila seal klep bocor maka ada bekas rembesan berupa kerak hitam dan kadang basah oli didalam manifold. Kalau bekas rembesan itu ada didalam intake maka seal klep intake yang rusak, sementara kalau bekas rembesan ada di knalpot maka yang bocor adalah seal klep exhaust.

Solusinya adalah dengan mengganti seal tersebut dengan yang baru.

Apakah kondisi ini berbahaya untuk motor ?

Tergantung, kalau kebocoran pada seal itu sangat sedikit mungkin tidak menjadi masalah asal anda rajin mengecek volume oli mesin. Yang jadi masalah, adalah ketika anda tidak mengecek oli mesinnya tahu-tahu olinya kering, itu justru akan mengundang masalah yang lebih serius lagi.

Jadi, kalau menemui gejala diatas langsung saja bawa ke bengkel untuk mengganti seal klep. Kalau hanya seal klep harganya masih cukup terjangkau.