Motor Berasap Saat Baru Dinyalakan, Apa Penyebabnya ?

Advertisement
Salah satu hal yang menandakan motor kita rusak, adalah ketika motor ngebul pas dihidupkan. Itu bisa mengindikasikan kerusakan ring piston hingga silinder.

Tapi bagaimana kalau motor berasap hanya saat baru dinyalakan ? dengan kata lain ketika motor kita diamkan dalam waktu semalaman, maka keesokan harinya pas baru dihidupkan motor akan mengeluarkan asap putih.

Dan asap tersebut hilang selang beberapa menit, kira-kira apa penyebannya dan bagaimana cara mengatasinya ?

Hari ini Motor Butut akan membahas masalah satu ini dengan detail.

Penyebab Motor Berasap Saat Baru Dinyalakan


Satu hal yang perlu anda tahu, bahwa asap putih dari knalpot motor itu disebabkan karena ada oli mesin yang ikut terbakar didalam ruang bakar. Artinya oli mesin masuk atau bocor ke ruang bakar sehingga saat pembakaran terjadi gas buang akan terkontaminasi dari oli yang terbakar tersebut.

Asap putih ini bisa terjadi pada segala jenis motor, baik karburator ataupun injeksi. Hal ini karena masalah ngebul ini tidak terpengaruh oleh sistem bahan bakar mesin.

Lalu apa yang menyebabkan oli bocor ke ruang bakar hanya saat mesin baru dihidupkan ?

Penyebabnya karena seal klep yang bocor.


Seal klep adalah karet yang membatasi ruang kepala silinder dengan intake/exhaust manifold. Fungsi karet seal ini sebenarnya mencegah oli keluar dari celah batang katup saat katup bekerja naik turun.

Namun karena kondisi seal yang rusak, maka oli bisa bocor dengan mudah.

Tapi mengapa hanya terjadi saat motor baru dihidupkan ?

Hal itu karena kebocoran oli melalui seal klep ini kecil sekali, sehingga harusnya tidak terlalu terlihat. Meski demikian, saat motor didiamkan dalam waktu semalanan kebocoran yang kecil tersebut akan terkumpul menjadi genangan oli didalam manifold.

Akibatnya, saat mesin dinyalakan keesokan harinya genangan oli tersebut akan masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar. Hasilnya asap putih akan mengepul beberapa menit saat mesin baru dinyalakan.

Lalu bagaimana solusinya ?

Solusi untuk masalah ini Cuma satu yakni dengan mengganti seal klep yang bocor. Harga seal klep ini bisa dibilang cukup murah, meski demikian kalau dibiarkan nanti masalah akan merembet ke komponen lainnya.

Jadi ketika anda menjumpai masalah ini, segera bawa ke bengkel untuk dicek seal klepnya apakah bocor atau tidak. Kalau bocor, ganti saja dua-duanya (intake dan exhaust klep) supaya celahnya benar-benar rapat sehingga tidak bocor lagi.