Bagaimana Cara Menghilangkan Asap Pada Motor ?

Advertisement
Motor yang ngebul bisa membuat kenyamanan dan kesehatan kita terganggu karena asap yang dihasilkan motor bisa meracuni. Tak hanya itu, pengguna jalan lain juga akan terganggu akibat asap knalpot motor kita.

Oleh sebab itu, kita perlu menghilangkan kepulan asap dari knalpot motor seperti semula. Tapi bagaimana caranya ?

Kita akan membahasnya secara simple agar mudah dimengerti.

Untuk menghilangkan asap pada motor, maka kita harus tahu dulu motor mengeluarkan asap putih atau asap hitam. Hal itu karena asap putih dan hitam punya perbedaan yang jauh sehingga cara penyelesaiannya juga beda.

1. Motor berasap putih


Apabila asap yang keluar berwarna putih itu artinya oli mesin ikut terbakar didalam ruang bakar. Hal itu bisa terjadi karena beberapa hal, seperti ;

  • Ring piston aus
  • Liner silinder aus
  • Packing cylinder head rusak
  • Seal klep bocor


Apabila asap putih terus keluar saat mesin dinyalakan, dan disertai tenaga mesin turun, mesin susah dihidupkan, maka ring piston atau linner silindernya yang kena. Maka mengatasinya adalah dengan mengganti melakukan bore up dan mengganti ring piston.

Apabila asap putih keluar disertai ada rembesan oli disekitar sambungan antara kepala silinder dan blok silinder maka itu packing cylinder head yang kena. Solusinya ganti packing kepala silinder dengan yang baru.

Apabila asap putih hanya keluar saat mesin baru dihidupkan/hanya dipagi hari maka itu seal klep yang kena. Solusinya mengganti seal klep dengan yang baru.

Dari ketiga cara penyelesaian diatas dibedakan berdasarkan gejala yang muncul. Jadi ketika motor keluar asap putih, perhatikan juga gejala lainnya untuk menentukan jalan mana yang akan diambil untuk menghilangkan asap tersebut.

2. Motor berasap hitam


Untuk motor yang ngebul berwarna hitam, itu disebabkan karena campuran bensin terlalu kaya atau terlalu boros. Biasanya ini terjadi pada motor yang masih menggunakan karburator dimana ada komponen karburator yang bermasalah sehingga menyebabkan suplai bensin menjadi lebih banyak.

Cara paling gampang untuk mengatasinya adalah dengan melakukan overhoule karburator. Hal itu dikarenakan ada banyak komponen didalam karburator yang bisa membuat suplai bensin menjadi lebih boros.

Biasanya hanya karena terkena/tersumbat debu saja bisa mengganggu kinerja karburator. Oleh sebab itu tindakan overhoule sangat diperlukan.

Overhoule sendiri, merupakan tindakan memisahkan semua komponen karburator untuk dilakukan permbesihan satu persatu. Ketika semua komponen yang terlepas telah bersih, komponen tersebut disatukan kembali dan dipasang ke motor.

Tapi kalau ternyata asap hitam masih juga muncul, itu tandanya ada yang rusak pada komponen karburator. Yang paling mungkin adalah main jet yang jebol atau memang diganti dengan ukuran lebih besar. Sehingga suplai bensin juga menjadi bertambah banyak.

Untuk hal ini, perlu kita ganti main jetnya sesuai ukuran standar.