Cara Simple Modifikasi Motor Mio Agar Beda dan Bertenaga

Advertisement
Biasanya orang memodifikasi motornya ada dua tujuan, untuk meningkatkan performa motor dan kedua untuk mengubah tampilan motor.

Dan umumnya, modifikasi ini banyak diaplikasikan pada motor-motor berjenis sport. Meski demikian, bukan berarti jenis motor lainnya tidak bisa kita modif.

Contohnya Yamaha Mio, sebagai salah satu motor matic yang punya banyak pengguna pasti ada banyak dari anda yang ingin menaikan performa mio serta mengubah tampilannya supaya lebih beda.

Lalu bagaimana cara modifikasi motor mio supaya terlihat beda dan lebih bertenaga ? kami akan berikan step by step part apa saja yang perlu anda costumisasi.

Part yang perlu dimodif untuk menaikan performa


Untuk menaikan performa mesin, tidak harus kita melakukan bore up. Selain beresiko membuat mesin cepat panas, juga perlu biaya mahal untuk mengopreknya. Untuk menekan biaya kita bisa fokus ke komponen-komponen pendukung mesin sepert ;

a. mengganti filter udara dengan filter kawat


filter udara memang fungsinya untuk menyaring udara dari kotoran, namun filter ini secara tidak langsung menghambat aliran udara intake sehingga tenaga mesin tidak maksimal. Sebenarnya tenaga akan sangan maksimal apabila open filter.

Tapi mengingat fungsi filter juga penting, maka solusinya anda bisa ganti filter bawaan dengan filter racing. Biasanya filter ini terbuat dari stainlees/kawat yang punya rongga lebih lebar untuk memperlancar aliran udara intake.

b. mengubah ukuran main jet & pilot jet karburator


khusus untuk mio karbu, anda bisa ganti ukuran spuyer atau main jet dan pilot jet yang ada didalam karburator dengan ukuran yang lebih besar. Otomatis ini akan memperbanyak suplai bensin ke mesin sehingga tenaga akan lebih joss.

Tapi dampaknya motor akan menjadi lebih boros.

c. ganti knalpot racing


knalpot bawaan motor dibuat agar suara yang dihasilkan sangat tenang, sehingga dari klep buang, gas buang tidak dialirkan secara garis lurus melainkan melalui banyak tabung agar dapat beresonansi supaya gelombang suaranya menjadi lebih lemah.

Efeknya, gas buang menjadi kurang lancar. Dengan menggunakan knalpot racing, gas buang akan lebih lancar. Karena selain leher knalpotnya lebih besar, gas buang langsung diteruskan keluar tanpa melalui tabung-tabung resonansi.

Tapi suaranya pasti lebih keras dari knalpot bawaan motor.

d. menggunakan velg dan ban lebih kecil

kalau anda lihat anak-anak drag pasti semuanya menggunakan ban berukuran kecil atau ban cacing. Emang apa efeknya ? ternyata ban dengan lebar yang kecil, memiliki permukaan gesek yang kecil pula. Sehingga putaran ban akan terasa lebih ringan.

Oleh sebab itu pemakaian ban kecil bisa menaikan tarikan motor. Meski demikian, ini tidak disarankan untuk penggunaan harian karena ban kecil kurang seimbang. Jadi rawan terjadi kecelakaan.

e. ganti roller yang lebih ringan

mengganti roller dengan ukuran yang lebih ringan, akan menambah akselerasi atau tarikan motor. Namun efeknya, torsi motor jadi berkurang. Sehingga untuk nanjak atau membawa beban berat motor akan sangat kesusahan.

Tips mengubah tampilan motor mio murah namun maksimal


Untuk mengubah tampilan, anda tidak perlu repot-repot menggunakan air brush atau mengganti body kit. Itu perlu biaya yang mahal, untuk menghemat biaya ada tips untuk mengubah tampilan mio supaya terlihat lebih sporty.

a. ganti striping body


kalau anda bosan dengan stripping body yang itu-itu saja, anda bisa ganti strippingnya. Ada banyak sekali pilihan stripping di cutting stiker yang bisa anda pilih atau kalau anda mau costu tinggal bilang saja pada cutting stiker, barangkali menerima pembuatan stripping custom.

b. pakai lampu projie


untuk mempercantik tampilan disektor penerangan, gunakan lampu projie. Sekarang ada banyak opsi lampu projie, mau yang polosan atau yang angle eye, ada pula yang warna-warni.

Kalau hanya menggunakan lampu projie tanpa HID biayanya tidak terlalu mahal. Selain itu, lampu juga tidak terlalu menyilaukan.

c. repaint velg dengan warna kontras


cat ulang velg dengan warna kontras artinya, kalau warna body hitam atau warna gelap lainnya anda bisa cat velg dengan warna putih atau sesuai dengan warna stripping. Ini akan menambah kesan sporty pada motor.

d. jangan lupa aksesoris tambahan motor

terakhir jangan lupakan aksesoris tambahan untuk motor, anda bisa pakai spion variasi, menambahkan jalu stang, dudukan plat nomor, baut roda variasi dan banyak aksesoris lainnya.

Tentu tips modifikasi diatas tidak harus anda terapkan semuanya, anda jadikan tips diatas sebagai referensi kalau ingin memodifikasi motor mio.