SEPELE, Ini Penyebab Karburator Motor Berkeringat/Mengembun

Advertisement
Karburator motor anda mengembun ? jangan panik ternyata itu wajar. Mengapa demikian ? simak alasannya dibawah.

Halo semua, hari ini motor butut akan memberikan sedikit informasi dari sebuah kondisi yang mungkin sering kita alami yakni ketika karburator mengembun.

Seperti yang saya katakan diatas, bahwa kondisi ini sebenarnya bukan kondisi yang berbahaya karena ini adalah peristiwa alami dimana proses pengembunan pasti akan terjadi saat terdapat perbedaan suhu pada kondisi yang lembab.

Jadi hal yang menyebabkan ada embun pada karburator itu karena :

1. Kelembaban udara sekitar sedang - tinggi (biasanya pagi hari atau didaerah dataran tinggi)

2. Terjadi perbedaan suhu udara sekitar dengan suhu didalam karburator.

Indonesia dengan iklim tropis umumnya memiliki kelembaban udara yang tinggi, tapi kondisi karburator mengembun ini biasanya dialami oleh mereka yang tinggal didataran lebih tinggi. Hal itu dikarenakan embun pada karbu itu berasal dari kandungan air yang ada diudara, jadi semakin tinggi kandungan air pada udara (lembab) maka embun pun semakin banyak.

Tapi ada satu faktor lagi yang harus terpenuhi supaya terjadi pengembunan yaitu perbedaan suhu.

Jadi embun itu terbentuk di area yang memiliki suhu lebih rendah, contohnya saat hujan. Karena suhu udara diluar lebih rendah daripada didalam rumah maka akan terbentuk embun dari bagian dalam kaca.

Pada kasus karburator, suhu didalam karburator ternyata lebih rendah. Kalau anda pernah, apa rasanya saat tangan anda dicelupkan kedalam bensin ? pasti akan terasa lebih dingin.

Itulah sebabnya, bensin memiliki suhu lebih dingin sehingga pada bagian mangkuk karbu pasti terjadi pengembunan.

Selain karena suhu bensin, suhu udara yang melewati karbu juga lebih rendah karena udara yang melewati saluran karbu itu bergerak cepat sehingga suhunya pun turun. Ini juga akan menyebabkan pengembunan pada bagian saluran karburator.

Jadi anda tidak perlu khawatir embun itu disebabkan kebocoran bensin.

Karena kalau bensin yang bocor pasti tidak akan mengembun karena bensin langsung menguap.